Pages Menu
Posting Terbaru
Categories Menu

Posted by on Mar 2, 2017

Lokakarya Kurikulum Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

Palembang— Jurusan SI mengadakan Lokakarya Kurikulum yang diadakan pada hari Jumat tanggal 24 Februari 2017 dan Sabtu tanggal 25 Februari 2017 bertempat di Ruang Teleconference KPA Kampus Unsri Palembang. Kegiatan ini dilakukan sebagai suatu langkah dari jurusan sistem informasi untuk meninjau kembali Kurikulum Jurusan agar sesuai dengan kebutuhan kerja dan Stakeholders sekaligus sebagai persiapan untuk mengadakan proses re-akreditasi yang akan dilakukan oleh jurusan pada tahun ini.

Pada kegiatan ini, jurusan sistem informasi FASILKOM UNSRI mengundang dua orang pembicara yaitu Bapak Abdul Munim S.T sebagai kepala Divisi Operasional IT di PT Bursa Efek Indonesia dan Bapak Toni Dwi Susanto, Ph.D., ITIL., COBIT selaku Dosen Jurusan Sistem Informasi dan Kepala Peneliti e-Government & IT Governance Research Group ITS-IICA dan juga aktif sebagai ketua Asosiasi Sistem Informasi Chapter Indonesia (AISINDO). Selain itu turut hadir pula DEKAN FASILKOM UNSRI didampingi oleh Wakil DEKAN I, Wakil DEKAN II dan Wakil Dekan III FASILKOM UNSRI. Peserta dari kegiatan ini adalah para dosen baik dari jurusan SI FASILKOM UNSRI sendiri maupun para dosen dari Prodi SI Perguruan Tinggi lain yang berlokasi di Palembang beserta mahasiswa ataupun alumni jurusan SI FASILKOM UNSRI.

Lokakarya Kurikulum ini dibuka langsung oleh Bapak Jaidan Jauhari M.T selaku DEKAN FASILKOM UNSRI. Kemudian diikuti dengan Laporan oleh Bapak Heroza M.T selaku ketua pelakasana dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Jaidan Jauhari M.T. Dalam sambutannya Dekan FASILKOM UNSRI menyampaikan bahwa kurikulum merupakan suatu elemen yang sangat penting di program studi karena kurikulum akan memberikan warna dan arah tujuan dari suatu program studi sehingga dari kurikulum tersebut matakuliah beserta silabusnya dibuat. Sehingga hal tersebut akan mengambarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan dari jurusan sistem informasi fasilkom unsri. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata oleh DEKAN FASILKOM kepada pihak PT Bursa Efek Indonesia.

Acara inti dari lokakarya ini yaitu penyampaian materi pertama tentang seminar industri yang bertemakan ‘kebutuhan SDM IT bidang SI di dunia industri’ oleh Bapak Abdul Munim S.T. Dalam seminarnya beliau menyampaikan bahwa perusahan Bursa Efek Indonesia membuka untuk para mahasiswa yang ingin belajar mengenai bursa efek. “Sebelum dia lulus dia magang dulu di bagian IT nya, bagian perdagangan, bagian pencatatan disitu lebih mengenal proses bisnis yang ada di pasar modal. Lamanya tergantung dengan program di Universitas nya masing-masing” ujarnya.

Kegiatan lokakarya ini berakhir pada keesokan harinya yaitu pada hari Sabtu tanggal 25 Februari 2017, pukul 17;00 ditutup langsung oleh Ketua Jurusan ibu Endang Lestari Ruskan, M.T. Diantara hasil dari kegiatan ini adalah untuk mengukur kebutuhan SDM IT Bidang SI di dunia industri. Selain itu hasil yang didapatkan pada hari ke-2 kegiatan lokakarya ini adalah pengetahuan tentang penyusunan kurikulum yang dibuat berdasarkan profil alumni jurusan sistem informasi. Dari profil alumni tersebut dapat ditarik informasi mengenai kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh alumni. Sehingga berdasarkan kompetensi tersebut, penyusunan kurikulum untuk mata kuliah jurusan Sistem Informasi dapat terbentuk dengan baik.

Foto Kegiatan

Tim Redaksi :

Ahmad Firdaus
Arya
Niffari
Larashati Jiwany
Alifia Intan Andrean