Pages Menu
Posting Terbaru
Categories Menu

Posted by on Nov 5, 2019

WORKSHOP IMPLEMENTASI METODE DSS DALAM TUGAS AKHIR

Jurusan Sistem Informasi Fasilkom Unsri mengadakan pelatihan dengan tema “WORKSHOP IMPLEMENTASI METODE DSS DALAM TUGAS AKHIR”. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Ruang R.4.4 Gedung Diklat Fasilkom pada tanggal 1-2 November 2019. Pelatihan ini dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Ketua Jurusan Sistem Informasi yakni Endang Lestari Ruskan, M.T. Hadir dalam pelatihan tersebut yaitu Dosen dan mahasiswa Jurusan Sistem Informasi baik dari angkatan 2016-2017 yang sedang mengambil mata kuliah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ataupun mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Seorang pakar DSS yang masih muda dan cantik khusus di datangkan langsung dari Fakulti Informatik Dan Komputeran UnisZa, Malaysia yaitu Dr. Elissa Nadia binti Madi, menambah kegiatan berlangsung ramai dan antusias.
Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Sistem Informasi, Endang Lestari mengharapkan pelatihan ini dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan ilmu di bidang Sistem Pendukung Keputusan atau dikenal dengan Decission Support System (DSS), serta dapat di pakai dan di terapkan pada Tugas Akhir mahasiswa.
Pada hari pertama pelatihan dibagi menjadi dua sesi yaitu pada pukul 08.00-11.30 membahas mengenai Decision Making and Decision Support System. Pada sesi ini, Dr. Elissa menjelaskan bahwa DSS sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. DSS dapat membantu manajer atau organisasi atau entitas dalam membuat keputusan untuk menapatkan solusi terbaik dari masalah yang ada. Pada sesi kedua pukul 13.30-16.00, Dr. Elissa memberikan contoh dari DSS yang sudah ia teliti menggunakan metode Fuzzy Topsis. Disampaikan bahwa Fuzzy digunakan saat melakukan penilaian. Penilaian yang dimaksud adalah apabila data tidak lengkap dan penilaian yang bersifat rancu (uncertain). Fuzzy digunakan hanya pada permulaan / input information expert lalu fuzzy bisa di integrasikan dengan metode MCDM untuk perhitungannya. Kemudian, untuk pelatihan hari kedua, Dr. Elissa melanjutkan materi mengenai Fuzzy Type 2 secara lebih detail.

DSC06343DSC06342